Serba Jamur di Restaurant Yogyakarta

Serba Jamur di Restaurant Yogyakarta

Serba Jamur di Restaurant Yogyakarta – Siapa yang terpikir saat sedang singgah ke Yogyakarta? Borobudur? Candi Prambanan? Atau Gunung Merapi?

Jika saya justru terpikir sama bermacam kulineran uniknya. Umumnya kulineran paling ciri khas yang berada di Yogyakarta ialah gudeg.

Tetapi, gudeg telah seringkali saya coba, jadi saat ke Yogyakarta bulan kemarin, saya ingin coba makanan berlainan.

Makanan Serba Jamur di Restaurant Yogyakarta

Kali itu, saya ber-kesempatan berkunjung salah satunya restaurant (kemungkinan salah satu di Jogja) dengan ide masakan serba jamur.

Baca Juga: Pasta Terenak di Jakarta

Restaurant ini telah ada sejak dahulu dan beberapa jamur mereka panen sendiri jamur-nya lho! Ingin tahu seperti apakah? Yok baca ulasan kami.

Riwayat singkat Restaurant

Awalannya Ratidjo dan Indrayati cuman pasarkan menu masakan jamurnya dari rumah ke rumah. Bersamaan perubahannya, sekarang mereka telah mempunyai restaurant sendiri.

Beberapa menu makanan di restaurant ini makin berkembang, tentu saja disamakan dengan tipe jamur dan rasanya. Tetapi yang terbanyak sudah pasti beberapa menu masakan local yang semua memiliki bahan landasan jamur.

Melalui upayanya ini, pak Ratidjo sudah memperoleh bermacam jenis penghargaan. Bermacam penghargaan ini dapat kamu saksikan secara langsung di dinding-dinding restoran. Bagus sekali ya pak Ratidjo ini, Good Readers!

Posisi Serba Jamur di Restaurant Yogyakarta

Restaurant ini berada seputar 9 km dari pusat perkotaan Jogjakarta yaitu di Jalan Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta. Memang lumayan jauh untuk sampai ke sana, apa lagi jika kita tidak memakai kendaraan sendiri. Jadi jika Anda punya niat untuk singgah, yakinkan Anda bawa kendaraan sendiri atau sewa ya!

Restaurant membuka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Pas sekali nih buat yang ingin makan pagi, makan siang atau makan malam karena jam membuka restaurant lumayan panjang.

Situasi

Pertama kalinya datang, tidak komplet rasanya jika Anda tidak berpose di gapura depannya. Gapuranya benar-benar unik karena berhiaskan jamur-jamur dan tulisan ‘Jejamuran’berwarna oranye pas pada bagian atasnya.

Di bagian depan sesudah pintu masuk, Anda akan disajikan dengan hadirnya satu spot yang diutamakan untuk memajang bermacam jenis tanaman jamur. Spot ini jadi tempat edukasi untuk pengunjung yang ingin ketahui bermacam info dan tipe jamur, karena di sini ada jamur-jamur mentah yang tertancap seperti jamur tiram , merang, sampai jamur shitake.

Bila ingin bawa pulang salah satunya tanaman jamur itu untuk dirawat di dalam rumah, Anda bisa juga membeli pada harga Rp 10.000/kit. Murah sekali ya!

Di lobby khusus ada kasir dan toko kecil yang jual bermacam makanan memiliki bahan landasan jamur seperti keripik jamur, kue brownies jamur, bakpia jamur, dan sebagainya. Anda dapat membeli saat pulang.

Menu Minuman dan Makanan Serba Jamur di Restaurant Yogyakarta

Makanan yang tersaji di menu restaurant ini jelas sudah memiliki bahan landasan jamur ya, Good Readers. Sejumlah besar makanan sebagai sajian ciri khas Indonesia seperti sop, rendang, tongseng, sate, dan ada banyak kembali.

Yang memikat, beberapa makanan yang semestinya memakai daging, semua ditukar dengan jamur. Walau demikian, struktur makanan benar-benar serupa dengan jamur. Maka janganlah lupa untuk coba sate, rendang, tongseng dan sajian yang lain ya!

Opsi minuman di Jejamuran ini cukup bermacam. Anda kemungkinan memikir cuman makanan saja yang memiliki bahan landasan jamur. Tetapi di sini, minuman memiliki bahan landasan jamur lho Good Readers!

Tetapi hanya beberapa macam minuman yang betul-betul memakai jamur di dalamnya. Misalnya ialah summer brezze. Minuman ini sebagai kombinasi soda, juice jeruk dan jamur enoki. Ingin tahu dengan rasanya?

Harga

Harga memang jadi alasan khusus saat kita berkunjung sebuah tempat makan. Tetapi Anda tak perlu cemas karena di restaurant ini, semua makanan terbilang sangatlah dapat dijangkau. Harga yang dijajakan dari minuman dan makanan sekitar Rp 5000 sampai Rp 45.000. Sebagian besar makanan bernilai belasan ribu. TMeskipun benar-benar dapat dijangkau, jatah makanan di sini dapat disebut banyak lho. Berhati-hati kalap ya, Good Readers!

Sarana

Tidak cuman minuman dan makanan saja yang memikat di restaurant Jejamuran ini, Good Readers. Sarana yang dijajakan cukup komplet dan betul-betul membuat nyaman.

Tempat Makan Luas

Restaurant ini mempunyai tempat makan yang paling luas. Benar-benar pas untuk Anda yang bawa kelompok keluarga atau rekanan kerja. Supaya tidak bingung, tiap tempat makan mempunyai nama tertentu yang diambil dari beberapa nama jamur. Sangat bagus ya!

Taman untuk berpose

Di tengah-tengah restaurant ada taman kecil yang diperlengkapi dengan kolam. Serunya, Anda dapat nikmati therapy ikan di kolam itu. Tidak perlu cemas bayar mahal, karena Anda dapat nikmati sarana kolam therapy ikan ini dengan gratis!

Taman ini memungkinkan dipakai sebagai tempat bermain anak. Tetapi Anda tetap harus siaga jaga beberapa anak ketika bermain di tempat ini ya, karena ada kolam yang melingkari taman sisi depan ini.

Kecuali pada bagian depan, taman disiapkan pada bagian belakang restoran. Hampir serupa dengan taman pada bagian depan, taman ini diperlengkapi kolam dan tulisan ‘Jejamuran’ dalam ukuran besar dan beberapa patung-patung jamur. Spot yang cukup elok untuk berpose bersama.

Masjid dan Toilet Bersih

Anda tidak perlu cemas kembali cari tempat beribadah karena restaurant ini mempunyai sarana masjid. Ruang masjid benar-benar simpel, tetapi saya takjub dengan demikian bersihnya tempat beribadah ini. Bukan hanya wewangian ruang yang wangi, alat shalat alias mukena yang teratur rapi dalam rack wangi, Tentu saja ini membuat nyaman beberapa penghujung yang berkunjung ke tempat ini.

Disamping itu, seperti umumnya restaurant, tempat ini mempunyai sarana toilet. Kemungkinan terlihat biasa dan tidak ada yang spesial, tetapi saya benar-benar suka berkunjung restaurant yang toiletnya bersih dan harum. Ini mengisyaratkan restaurant benar-benar stabil jaga kebersihan dan kenyamanan semua faktor dalam restaurant untuk kenyamanan pengunjung. Jika toilet saja mereka menjaga kwalitasnya, apa lagi makanannya. Agree?

Ruangan Laktasi (ruang menyusui)

Untuk Anda yang mempunyai bayi, umumnya cukup kesusahan saat bayi Anda rewel karena lapar atau haus. Untungnya, restaurant ini sediakan ruang menyusui yang dapat Anda gunakan. Ruang ini berada pada bagian belakang restaurant pas dari sisi taman belakang.

Toko Oleh-olehan

Sesudah nikmati makanan serba jamur, tidak komplet bila Anda tidak bawa oleh-oleh ciri khas ‘Jejamuran’. Ada toko oleh-olehan yang dapat Anda datangi yang pas ada di pintu masuk restaurant. Di sini, Anda akan mendapati keripik yang dibuat dari bermacam tipe jamur dengan range harga Rp 17.000 sampai Rp 30.000.

Disamping itu, Anda kemungkinan akan berminat untuk mencicip kue-kue dan bakpia yang dibuat dari jamur! Ya, semua memiliki bahan jamur! Makanan yang kemungkinan tidak dapat Anda dapatkan pada tempat lain. Maka yakinkan tidak untuk melepaskan toko oleh-olehan ini ya!

Ringkasan

Pada harga yang murah dan jatah makanan yang banyak, tidaklah aneh Jejamuran banyak didatangi pelancong. Kecuali sajian dengan bahan landasan serba jamur sebagai daya magnet intinya, sarana komplet dan dengan kebersihan yang paling terbangun, membuat saya dan pengunjung lain berasa nyaman habiskan waktu makan di sini.

Disamping itu, yang membuat saya makin kagum pada tempat ini ialah, mereka umumnya sediakan makanan untuk supir atau beberapa orang yang mengantarkan pengunjung ke sini dengan gratis. What a really nice place!