Makanan Enak Khas Bojonegoro Wajib Dicoba

Makanan Enak Khas Bojonegoro Wajib Dicoba

Indonesia diketahui dengan bermacam kuliner khasnya di tiap wilayah salah satunya merupakan makanan enak khas Bojonegoro yang sangat harus buat kamu coba. Apalagi, dikala berkunjung ke sesuatu kota kalian harus buat mencicipi santapan khas wilayah tersebut.

Salah satu kota yang pula mempunyai santapan khas yang harus dicoba yakni Bojonegoro. Bukan cuma diketahui hendak pusat pengarajin kayu jati saja, tetapi santapan khas Bojonegoro pula tidak kalah populer.

Apalagi, dengan adanya kulineran khas Bojonegoro yang memperoleh rekor dari Museum Rekor Indonesia ataupun MURI sudah pastinya hal ini membuat Kabupaten Bojonegoro jadi salah satu kota yang tidak dapat dilewatkan dikala berangkat ke Jawa Timur.

Makanan Enak Khas Bojonegoro Wajib Dicoba Dengan Citarasa Menarik

Sebagian santapan khas Bojonegoro pula harus buat dicoba kala tengah melancong ke kota satu ini. Alasannya, kuliner yang disajikan mempunyai cita rasa yang khas serta dapat membuat kalian ketagihan.

Baca Juga: Kripik Khas Dari Indonesia

Berikut merupakan makanan enak khas Bojonegoro yang harus di coba serta hendak membuat kamu sangat ketagihan buat mencicipi lagi.

Kue Putu

Kue Putu jadi salah satu santapan khas Bojonegoro yang telah tidak sering ditemui. Santapan dengan cita rasa manis serta gurih ini terbuat dengan tepung beras, gula jawa dan parutan kelapa.

Umumnya, memasak kue putu memakai bambu yang setelah itu di kukus dengan suatu uap. Santapan khas Bojonegoro satu ini pula sesuai dimakan dikala sore hari selaku kemilan bersama segelas teh hangat.

Sego Buwuhan

Sego Buwuhan

Sego Buwuhan bisa jadi telah tidak asing lagi untuk warga Bojonegoro. Apalagi, banyak pula warung- warung yang sediakan sego buwuhan di tepi jalur. Untuk para turis, belum lengkap berkunjung ke Bojonegoro bila tidak menyantap santapan khas tiap hari satu ini.

Umumnya sego buwuhan terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan momok tempe, mie, sayur tewel ataupun nangka, sate daging sapi, telur dan rempeyek teri maupun kacang. Sego Buwuhan ini pula pernah tercatat dalam MURI dengan jenis hidangan paling banyak dalam pagelaran Bojonegoro Thengul International Folklore Festival 2019 kemudian. Jadi untuk para wisatwan harus buat mencicipi santapan satu ini.

Nasi Flambe

Santapan khas Bojonegoro berikutnya yang harus buat dimakan yakni Nasi Flambe. Nasi Flambe adalah sajian yang menggunakan nasi putih dan kemudian akan dilengkapi oleh udang goreng, telur orak- arik, serta ayam suwir.

Umumnya, dalam penyajian Nasi Flambe ini kalian bila dapat menyantapnya dengan sambal terasi. Tidak hanya memiliki citarasa yang enak, akan tetapi harga seporsi Nasi Flambe yang di tawarkan juga sangat ramah untuk di kantong.

Gethuk Lindri

Untuk sebagian orang bisa jadi telah tidak asing lagi dengan santapan bernama gethuk. Santapan yang berbahan dasar singkong ini memanglah sering ditemui di sebagian kota di Indonesia paling utama wilayah Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Gethuk lindri jadi salah satu santapan khas Bojonegoro yang pula harus buat dinikmati. Apalagi, jajanan satu ini dapat dijadikan selaku oleh- oleh kala berkunjung ke Bojonegoro.

Ledre

santapan khas Bojonegoro Jawa Timur yang sangat terkenal serta populer nyaris digolongan para pecinta kuliner. Sebut namanya ledre bila kamu lagi terletak di Bojonegoro, tentu nyaris seluruh warga lokal mengenali sajian kuliner khas yang sering dibawa kembali ke wilayah asal para turis selaku buah tangan ini.

Rasanya yang lezat serta pula cita rasanya yang gurih membuat ledre tetap laris dipasaran. Tidak hanya gurih, ledre pula memiliki rasa manis. Ledre dibuat dari bahan yang sangat simpel, ialah kombinasi tepung terigu, tepung beras serta pula gula.

Sebaliknya bahan utama buat membuat ledre ini berasal dari pisang, spesialnya pisang raja yang pula jadi sumber aroma khas dari santapan bernama ledre ini. Pembuatan ledre lumayan unik sebab diolah setelah itu digapit ataupun digolong ataupun dalam bahasa Bojonegoro.

Istilahnya merupakan diluntung seperti keripik emping dengan memiliki aroma pisang yang menjadi sebuah ciri khas dari kulineran satu ini. Sekilas tampilannya mirip dengan egg roll tetapi bila telah dicicipi, tentu kamu hendak ketahui perbedaannya. Ledre lumayan gampang ditemui di segala penjuru Kota Bojonegoro.

Keripik jahe

Keripik jahe

Salah satu jajanan khas Bojonegoro yang lumayan unik yakni keripik jahe. Ya keripik yang dibuat dari jahe ini jadi salah satu santapan khas bojonegoro yang kerap dijadikan selaku oleh- oleh. Bukan cuma rasanya yang gurih serta renyah, tetapi sensasi hangat dari jahe pula jadi energi tarik tertentu.

Wedang tape

Tidak cuma diketahui hendak makanannya saja, tetapi Bojonegoro pula diketahui dengan sebagian minuman khasnya. Salah satunya yakni wedang tape. Wedang tape sendiri bisa gampang ditemui di warung pinggir jalur dikala malam hari. Wedang tape pula sudah jadi salah satu kon kuliner khas Bojonegoro yang harus buat dicicipi paling utama untuk para turis.

Klepon

Beranjak ke santapan khas Bojonegoro tidak hanya ledre yang ketiga, ialah klepon. Klepon ialah jajanan ringan khas Bojonegoro yang umumnya dijual berdampingan dengan kue putu yang sudah diulas tadinya.

Makanya banyak orang bilang jika makan klepon jadi tidak lengkap bila tidak makan kue putu pula. Bahan untuk membuat klepon proses pembuatannya sama dengan membuat kue putu, namun terdapat perbedaan wujud diantara 2 jenis camilan tersebut.

Klepon memiliki bentuk bulat dan didalamnya memiliki isian berupa gula merah cair, dan kebalikannya kue putu memiliki bentuk silinder.

Keripik Tempe

Keripik Tempe

Keripik tempe khas Bojonegoro pula dapat dijadikan oleh oleh sehabis kamu berkunjung ke Bojonegoro. Selaku kemilan keripik ini dapat kamu peruntukan fakta kalau kamu sempat berkunjung ke kota kecil ini.

Rasa keripik tempe Bojonegoro gurih dan terdapat tekstur renyah akan membuat bunyi kriuk kriuk ketika kalian mengkonsumsinya. Keripik tempe khas Bojonegoro ini tidak hanya digoreng hingga menjadi kering, akan tetapi akan ditambah dengan tepung sebagai lapisan, sehingga teksturnya lebih krispi dibandingkan keripik tempe dari wilayah yang lain.

Wedang Tape

Bumi Angling Darma ini memiliki sajian santapan serta minuman khas Bojonegoro yang harus kamu coba. Sehabis membahas sebagian tipe santapan khas Bojonegoro, saat ini hendak diulas tentang minuman khas Bojonegoro yang diketahui dengan nama wedang tape.

Wedang tape meruapakan sebuah minuman yang menjadi salah satu kesukaan warga lokal Bojonegoro dan juga minuman sangat sering diburu oleh wisatawan ketika berada di Bojonegoro. Berbahan dasar tape ketan gelap yang dicampur dengan santan panas dan bahan yang lain.

Membuat wedang tape Bojonegoro nikmat diminum pada saat malam hari terutama saat hujan turun maupun cuaca sedang dingin.

Serabi

Kuliner Bojonegoro berikutnya tidak hanya ledre santapan khas Bojonegoro merupakan serabi Bojonegoro. Kue yang banyak ditemui di sebagian wilayah di Indonesia ini memiliki rasa dominan manis serta gurih.

Untuk sebagian orang biasa sangat sering menyebutkan apabila serabi juga berasal dari Bandung maupun Solo saja. Akan tetapi jangan salah kalau serabi Bojonegoro rasanya tidak kalah nendang. Santapan yang terbuat dengan metode tradisional ini hingga saat ini telah dimodifikasi jadi sajian santapan yang modern.

Berbahan daasr beras serta kombinasi bahan bahan yang lain yang gampang didapat, membuat serabi Bojonegoro gampang buat ditemui di sekitaran Bojonegoro.